Workshop Menulis Cerpen dengan Teknik Ekranisasi Bagi Siswa SMA Muhammadiyah 8 Ciputat
Main Article Content
Abstract
Abstrak
Pembelajaran menulis cerpen dalam worshop ini bertujuan untuk melatih keterampilan menulis cerpen. Tidaklah mudah untuk menulis cerpen, ada beberapa hambatan yang dialami siswa ketika mereka harus menulis cerpen diantaranya adalah kesulitan menemukan ide cerita yang akan dituliskan. Hal ini berkaitan dengan materi yang disampaikan yang hanya bersumber pada buku yang ada di perpustakaan atau buku pegangan guru, metode ceramah dan diskusi dalam penyampaian materi, kurangya kreativitas dan kurangnya penguasaan IT, dan juga media pembelajaran yang tidak mendukung membuat siswa tidak dapat menghasilkan karya cerpen yang maksimal. Hal ini dapat dilihat dari nilai menulis cerpen siswa KKM 75, sementara nilai rata-rata adalah 60, artinya kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI di SMA Muhammdiyah 8 Ciputat tergolong rendah. Sebagian guru kurang memahami bahwa siswa SMA memiliki jiwa petualang, mereka membutuhkan tantangan dalam menyalurkan kreativitas dan kepercayaan diri agar dapat mengembangkan inisiatif dan kreativitas mereka. Untuk mengembangkan keterampilan menulis cerpen guru perlu menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat, menarik, dapat membangkitkan motivasi siswa, dan, meningkatkan kemampuan berimajinasi, sehingga siswa dapat mengembangkan ide-ide kreatif mereka dalam menulis naskah cerpen. Untuk itu film adalah salah satu media yang dianggap dapat menumbuhkan inspirasi dan minat siswa untuk menulis cerpen. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah inkuiri dengan teknik ekranisasi film. Secara umum kegiatan ini telah berhasil membuat para peserta dapat menciptakan sebuah cerpen yang menarik. Oleh karena itu, kegiatan ini telah berhasil mengatasi permasalahan yang dialami oleh siswa. Pelathan yang dilaksanakan selama tiga hari dihadiri siswa tepat waktu, sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan dan terlibat aktif dalam kegiatan menulis cerpen, dan cerpen yang cerpen yang dihasilkan siswa melalui workshop ini dibeikan penilaian
Kata kunci: workshop, menulis cerpen, siswa SMA/SMK
Pembelajaran menulis cerpen dalam worshop ini bertujuan untuk melatih keterampilan menulis cerpen. Tidaklah mudah untuk menulis cerpen, ada beberapa hambatan yang dialami siswa ketika mereka harus menulis cerpen diantaranya adalah kesulitan menemukan ide cerita yang akan dituliskan. Hal ini berkaitan dengan materi yang disampaikan yang hanya bersumber pada buku yang ada di perpustakaan atau buku pegangan guru, metode ceramah dan diskusi dalam penyampaian materi, kurangya kreativitas dan kurangnya penguasaan IT, dan juga media pembelajaran yang tidak mendukung membuat siswa tidak dapat menghasilkan karya cerpen yang maksimal. Hal ini dapat dilihat dari nilai menulis cerpen siswa KKM 75, sementara nilai rata-rata adalah 60, artinya kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI di SMA Muhammdiyah 8 Ciputat tergolong rendah. Sebagian guru kurang memahami bahwa siswa SMA memiliki jiwa petualang, mereka membutuhkan tantangan dalam menyalurkan kreativitas dan kepercayaan diri agar dapat mengembangkan inisiatif dan kreativitas mereka. Untuk mengembangkan keterampilan menulis cerpen guru perlu menggunakan metode dan media pembelajaran yang tepat, menarik, dapat membangkitkan motivasi siswa, dan, meningkatkan kemampuan berimajinasi, sehingga siswa dapat mengembangkan ide-ide kreatif mereka dalam menulis naskah cerpen. Untuk itu film adalah salah satu media yang dianggap dapat menumbuhkan inspirasi dan minat siswa untuk menulis cerpen. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah inkuiri dengan teknik ekranisasi film. Secara umum kegiatan ini telah berhasil membuat para peserta dapat menciptakan sebuah cerpen yang menarik. Oleh karena itu, kegiatan ini telah berhasil mengatasi permasalahan yang dialami oleh siswa. Pelathan yang dilaksanakan selama tiga hari dihadiri siswa tepat waktu, sangat antusias dalam mengajukan pertanyaan dan terlibat aktif dalam kegiatan menulis cerpen, dan cerpen yang cerpen yang dihasilkan siswa melalui workshop ini dibeikan penilaian
Kata kunci: workshop, menulis cerpen, siswa SMA/SMK
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
Amalia, N. ., Nawawi, N., & Hidayatullah, S. (2021). Workshop Menulis Cerpen dengan Teknik Ekranisasi Bagi Siswa SMA Muhammadiyah 8 Ciputat. Prosiding Abdimasmu, 2(1), 257–272. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/abdimasmu/article/view/6872
Section
Articles