Meningkatkan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Manulis Karya Ilmiah Dan Pencerahan Qolbu
Main Article Content
Abstract
Profisi guru adalah salah satu dari profisi yang paling mulia, jasanya begitu banyak dalam mendidik anak bangsa, tapi kadang kala guru sering terlupakan, namun demikian pembinaan dan pengembangan guru perlu dilakukan secara kontinyu, dan terus menerus sebagaimana yang tercantum di dalam pasal 32 UURI Nomor 14 tahun 205 tentang guru dan dosen. Untuk pengembangan profesi guru serta meningkatkan proses pembelajaran melalui interaksi antara guru dan peserta didik dapat dilakukan dengan berbagai hal, diantaranya dengan menulis karya ilmiah.Tujuan dari kegiatan pelatihan ini adalah dalam rangka untuk meningkatkan profesi guru melalui keterampilan menulis karya ilmiah terutama untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi guru di dalam kelas,serta meningkatkan ketaqwaan guru kepada Allah SWT melalui pencerahan Qolbu. Metode pelatihan ini menggunakan metode klasikal dan berperan serta. Kegiatan pelatihan ini berlangsung selama 3 hari dari tanggal 9, 10 dan 11 Desember 2020. Delapan kelompok guru-guru mempresentasikan hasil pelatihan pada hari kedua kegiatan di lokasi SDN Johar Baru dan dilanjutkan pada hari ketiga dengan zoom. Kegiatan pelatihan menulis karya ilmiah ini dilaksanakan dengan tertib, sesuai prosedur PSBB dengan masker dan jaga jarak.Hasil dari pelatihan ini guru-guru SDN Johar baru 17 & 18 dapat membuat makalah dan proposal Penelitian Tindakan Kelas.
Kata kunci: Karya Ilmiah, Pencerahan Qolbu, Peningkatan Profesi Guru.
Kata kunci: Karya Ilmiah, Pencerahan Qolbu, Peningkatan Profesi Guru.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
Chairunnisa, C., Istaryatiningtias, I., & Heri, T. . (2021). Meningkatkan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan Manulis Karya Ilmiah Dan Pencerahan Qolbu. Prosiding Abdimasmu, 2(1), 241–256. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/abdimasmu/article/view/6870
Section
Articles