Pembinaan Hard Skill untuk Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah 11, Jakarta Timur
Main Article Content
Abstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan hardskill (language skill dan teaching skill) guru mata pelajaran bahasa Inggris di SD Muhammadiyah 11. Pengabdian ini melibatkan dosen-dosen dan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP UHAMKA sebagai instruktur dan asisten instruktur. Pengabdian ini merupakan rangkaian yang terdiri dari 3 kegiatan, yaitu: (1) Pelatihan Guru; (2) Monitoring Kelas; dan (3) Kursus Bahasa Inggris untuk Guru. Pelatihan guru dilaksanakan selama satu hari; monitoring kelas dilaksanakan sebanyak 10x; dan kursus bahasa Inggris dilaksanakan sebanyak 9x. Untuk mengukur tingkat ketercapaian target, digunakan instrumen berikut ini: (1) pre-test, (2) post test, (3) rubrik monitoring kelas, dan (4) angket. Adapun hasil dari pembinaan ini adalah: (1) 100% peserta mengalami peningkatan pengetahuan tentang ungkapan-ungkapan classroom language; (2) nilai post-test peserta mengalami peningkatan sebesar 26.64% dari nilai pre-test; (3) seluruh peserta mengalami peningkatan pengalaman mengajar bahasa Inggris; (4) 66% peserta mengalami peningkatan kompetensi akademis dan pedagogis sebagai guru bahasa Inggris; (5) ditemukan bahwa kendala terbesar yang dialami oleh guru-guru (terutama guru senior) dalam berbahasa Inggris adalah pronunciation (pelafalan); (6) guru mata pelajaran bahasa Inggris cenderung memperlihatkan penurunan kualitas mengajar di kelas (berdasarkan grafik perkembangan monitoring kelas), namun secara keseluruhan nilai monitoring kelas guru naik sebesar 0.36%; (7) berdasarkan hasil angket, kegiatan pelatihan ini menambah pengetahuan dan pengalaman mengajar bahasa Inggris, meningkatkan kinerja, meningkatkan kompetensi akademis dan pedagogis, serta menjawab permasalahan sehari-hari yang dihadapi peserta di kelas. Untuk itulah seluruh peserta sepakat bahwa kegiatan pelatihan seperti ini perlu terus diadakan.
Kata kunci: pembelajaran bahasa Inggris, hardskill, siswa SD
Kata kunci: pembelajaran bahasa Inggris, hardskill, siswa SD
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
Kaniadewi, N. ., Komara, C. ., & Tiarsiwi, F. (2021). Pembinaan Hard Skill untuk Pembelajaran Bahasa Inggris bagi Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah 11, Jakarta Timur. Prosiding Abdimasmu, 2(1), 183–195. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/abdimasmu/article/view/6864
Section
Articles