Upaya Peningkatan Kompetensi Profesionalitas Guru Melalui Pelatihan Daring Psikologi Perkembangan Siswa SMPIT Nurul Iman, Jakarta
Main Article Content
Abstract
Kegiatan pelatihan dilatarbelakangi oleh pentingnya peningkatan kompetensi professional guru melalui pelatihan daring psikologi perkembangan siswa SMPIT Nurul Iman, Jakarta. Tujuan kegiatan adalah peserta pelatihan yang terdiri dari guru dapat meningkatkan profesionalitasnya tidak hanya terbatas pada kemampuan pedagogik. Mitra PKM adalah guru SMP IT Nurul Iman, Jakarta. Metode Kegiatan menggunakan model Stephen Kemmis dan Mc. Taggart dan dilakukan dalam 2 siklus. Subjek mitra (guru) berjumlah 20 guru, terdiri dari 9 guru laki-laki dan 11 guru perempuan. Peneliti mengamati kemampuan profesionalitas guru melalui lembar observasi yang terdiri dari 10 indikator. Hasil kegiatan adalah berdasarkan hasil pelatihan baik dari siklus I dan II diketahui bahwa terjadi peningkatan kompetensi profesionalitas guru yang dapat dilihat dari 10 indikator, yaitu pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan, dimana perolehan nilai pada kategori sangat baik yaitu 596, kategori baik yaitu 141, kategori cukup sebesar 16 dan pada kategori kurang didapatkan perolehan nilai sebesar 0. Sehingga rata-rata nilai yang didapatkan yaitu sebesar 93,1%. Berdasarkan kriteria ketuntasan atau kesuksesan pelatihan yang dilaksanakan, maka kegiatan pelatihan daring psikologi perkembangan siswa untuk meningkatkan professional guru dinyatakan berhasil, bahwa pada siklus II guru sudah mendapatkan nilai rat-rata 93,1%,
Kata Kunci : Peningkatan Kompetensi Profesionalitas, Pelatihan Daring, Psikologi.
Kata Kunci : Peningkatan Kompetensi Profesionalitas, Pelatihan Daring, Psikologi.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
Wahjusaputri, S. , Nirmala, N., & Maimunah, R. . (2021). Upaya Peningkatan Kompetensi Profesionalitas Guru Melalui Pelatihan Daring Psikologi Perkembangan Siswa SMPIT Nurul Iman, Jakarta. Prosiding Abdimasmu, 2(1), 160–168. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/abdimasmu/article/view/6862
Section
Articles