Pelatihan Pembelajaran Daring Berbasis Edmodo Pada Guru gur u PAUD di Jakarta Islamic School PKP di Masa Pandemi Covid 19
Main Article Content
Abstract
Dalam menghadapi Pandemi Covid-19, pembelajaran konvensional atau tatap muka ditiadakan dan akan digantikan dengan pembelajaran daring. Tentunya, guru harus membantu peserta didik memahami pandemi Covid-19 dan proses pembelajarannya. Hal yang dapat ditawarkan ialah dengan menerapkan pembelajaran daring berbasis Edmodo. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif. Penerapan Edmodo meliputi tiga hal yaitu tahap pengenalan, uji coba, dan evaluasi. Pada tahap pengenalan, Tim mendampingi guru dengan mengenalkan materi dan aplikasi sistem edmodo melalui pembelajaran daring. Pada tahap uji coba Edmodo, dilakukan dengan membuat akun sebagai guru, pembuatan akun siswa, pengaturan akun, pemberitahuan/notifikasi, membuat grup/kelompok, catatan/note, alert/pengumuman, assignment/penugasan, kuis, dan sistem kerja Edmodo. Pada tahap evaluasi, pemateri dan guru-guru melakukan tanya jawab serta meninjau kelebihan dan kelemahan penerapan pembelajaran berbasis daring (Edmodo). Simpulan dari penelitian ini yaitu penerapan pembelajaran berbasis daring (Edmodo) sangat penting dan dapat mempermudah guru-guru PAUD di Jakarta Islamic School PKP Jakarta dalam melakukan pembelajaran daring.
Downloads
Download data is not yet available.
Article Details
How to Cite
Ibrahim, N., Qura, U., & Yanti, P. G. (2021). Pelatihan Pembelajaran Daring Berbasis Edmodo Pada Guru gur u PAUD di Jakarta Islamic School PKP di Masa Pandemi Covid 19. Prosiding Abdimasmu, 2(1), 78–86. Retrieved from https://journal.uhamka.ac.id/index.php/abdimasmu/article/view/6851
Section
Articles