Aplikasi Gaming “Quizizz” : Pelatihan Bagi Guru untuk Meningkatkan Keefektifan Pembelajaran

  • Syafika Ulfah Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Fitri Alyani Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
Keywords: Pelatihan, Aplikasi Quizizz, Game Edukasi

Abstract

Pelatihan penggunaan aplikasi pembelajaran gaming Quizizz ini bertujuan untuk menambah keterampilan dan kompetensi guru dalam rangka meningkatkan keefektikan pembelajaran khususnya di masa pandemic COVID-19. Aplikasi Quizizz dapat menjadi alternatif aplikasi pembelajaran daring yang efektif karena dapat merangsang komponen visual dan verbal. Melalui aplikasi Quizizz, pembelajaran dikelas akan menyenangkan karena aplikasi ini berbasis permainan. Pada pelatihan ini, para guru dibimbing langkah demi langkah mengenai Quizizz dan mempraktekkan secara langsung. Selain praktek langsung menggunakan aplikasi Quizizz, para guru juga mendapatkan materi terkait apa dan bagaimana materi pembelajaran berbasis game edukasi. Peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 17 guru dan dilakukan secara daring melalui aplikasi zoom. Diakhir kegiatan, para guru mengisi form evaluasi kegiatan dan diperoleh lebih hampir seluruh peserta menginginkan pelatihan lanjutan dari kegiatan ini.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-08