Main Article Content
Abstract
Background: Orang tua merupakan pendidik dan pemerhati anak, bagi seorang anak, peran orang tua sangat penting dalam proses dan perkembangan dari berbagai macam aspek, baik dari pendidikan akademik, perkembangan kognitif, perkembangan fisik dan psiklogis, begitupun pada kesehatannya. Kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan oleh orang tua dan pendidik di awal perkembangan seorang anak itulah yang mempengaruhi pola perkembangan seorang anak. Metode: Kegiatan ini dilakukan dengan bentuk seminar edukasi berupa presentasi dan diskusi peran dan tanggung jawab orang tua dalam pola pembiasaan perilaku hidup bersih dan sehat untuk mengusahakan terbentuknya lingkungan yang sehat dimulai dari lingkup terkecil yaitu keluarga. Kegiatan ini dilaksanakan di daerah Pantai Pasir Perawan, Pulau Pari, Kepulauan Seribu dengan sasaran seluruh ibu-ibu, khusunya ibu-ibu PKK yakni sebanyak 30 orang dengan menggunakan 4 tahapan, yakni perencanaan, perizinan, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil: Beberapa hal yang perlu diperhatikan di daerah tersebut adalah kurangnya edukasi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) secara inklusif dan berkelanjutan. Kurangnya edukasi terkait Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dari narasumber yang dianggap ahli. Kurangnya pemahaman akan dampak Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di lingkungan kepulauan khususnya masyarakat Pulau Pari. Kegiatan memperoleh antusiasme dan respon yang positif dari masyarakat Pulau Pari, khususnya ibu-ibu PKK sebagai mitra, serta ibu-ibu masyarakat Pulau Pari yang baru menikah. Kesimpulan: Stake Holder yang berkaitan seperti pegawai Puskemas dan pemerintahan setempat menginginkan kegiatan edukasi lain yang menyasar bukan hanya ibu-ibu, akan tetapi juga bapak-bapak guna meningkatkan wawasan mereka. Kegiatan edukasi lanjutan belum bisa terlaksana dikarenakan perlunya assesment kebutuhan bagi bapak-bapak, dan baru memungkinkan dapat terlaksana di program kemitraan masyarakat di waktu yang akan datang
Keywords
Article Details
References
- Agung, I. G. L. (2020). Penerapan Positive Parenting dalam Pembiasaan Pola Hidup Bersih dan Sehat kepada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5(1).
- Berliana, N, & Pradana, E. (2019). Hubungan Peran Orang Tua, Pengaruh Teman Sebaya dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Journal Endurance 1 (2). https://doi.org/10.22216/jen.v1i2.942
- Fitri, I, Rahmi, R, & Hotmauli. (2021). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat melalui Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Faletehan Health Journal, 8 (3), 166-172
- Fernandez, D., Merina, M., & Susilo, S. (2020). Pelatihan Teknik Sitasi dan Pencarian Referensi untuk Meningkatkan Publikasi Ilmiah di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Jurnal SOLMA, 9(1), 113–120. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4049
- Insani, Aulia. (2022). Pemenuhan Asupan Gizi Anak melalui Bekal Makanan Sehat Bagi Kesehatan Anak Usia Dini. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2 (3). https://doi.org/10.53625/jirk.v2i3.3270
- Irianto, (2007). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Rineka Cipta.
- Julianti, R, Nasirun, M, & Wembrayarli. (2018). Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Lingkungan Sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia, 3 (2), 11-17
- Nursa’adah, & Endarti, A T, (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Rumah Tangga di Pulau Lancang Kelurahan Pulau Pari Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan, Volume 11. (1)
- Susilo, S., & Amirullah, G. (2018). Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium Sekolah bagi Guru Muhammadiyah di Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(1), 127–137. https://doi.org/10.29405/solma.v7i1.2380
- Proverawati, Atikah. (2012). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS). Yogyakarta: Nuha Medika.
References
Agung, I. G. L. (2020). Penerapan Positive Parenting dalam Pembiasaan Pola Hidup Bersih dan Sehat kepada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol 5(1).
Berliana, N, & Pradana, E. (2019). Hubungan Peran Orang Tua, Pengaruh Teman Sebaya dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Journal Endurance 1 (2). https://doi.org/10.22216/jen.v1i2.942
Fitri, I, Rahmi, R, & Hotmauli. (2021). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat melalui Upaya Pemberdayaan Masyarakat. Faletehan Health Journal, 8 (3), 166-172
Fernandez, D., Merina, M., & Susilo, S. (2020). Pelatihan Teknik Sitasi dan Pencarian Referensi untuk Meningkatkan Publikasi Ilmiah di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Jurnal SOLMA, 9(1), 113–120. https://doi.org/10.29405/solma.v9i1.4049
Insani, Aulia. (2022). Pemenuhan Asupan Gizi Anak melalui Bekal Makanan Sehat Bagi Kesehatan Anak Usia Dini. Journal of Innovation Research and Knowledge, 2 (3). https://doi.org/10.53625/jirk.v2i3.3270
Irianto, (2007). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Jakarta: Rineka Cipta.
Julianti, R, Nasirun, M, & Wembrayarli. (2018). Pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Lingkungan Sekolah. Jurnal Ilmiah Potensia, 3 (2), 11-17
Nursa’adah, & Endarti, A T, (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Rumah Tangga di Pulau Lancang Kelurahan Pulau Pari Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan, Volume 11. (1)
Susilo, S., & Amirullah, G. (2018). Pengelolaan dan Pemanfaatan Laboratorium Sekolah bagi Guru Muhammadiyah di Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, 7(1), 127–137. https://doi.org/10.29405/solma.v7i1.2380
Proverawati, Atikah. (2012). Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS). Yogyakarta: Nuha Medika.