Desain Dan Implementasi Lengan Robot Berbasis Electromyogram Untuk Orang Berkebutuhan Khusus

Main Article Content

Ardhan Dwi Meirika Surachman Mohammad Ramdhani Ramdhan Nugraha

Abstract

Electromyography merupakan teknik untuk merekam aktivitas listrik yang dihasilkan oleh otot rangka. EMG dilakukan dengan menggunakan instrumen yang disebut electromyograph untuk menghasilkan rekaman sinyal yang disebut electromyogram (EMG). Teknik ini, dapat dimanfaatkan untuk membantu orang yang berkebutuhan khusus. Sehingga kualitas hidupnya dapat lebih baik. Pada tugas akhir ini, dirancang alat bantu pergerakan tangan untuk membantu orang yang berkebutuhan khusus pada bagian tangan khususnya, dengan memanfaatkan EMG. Sinyal otot tangan (biceps) direkam oleh elektroda kemudian diamplifikasi dan difilter pada modul EMG. Hasil sinyal tersebut menjadi masukan untuk mikrokontroler. Kemudian mikrokontroler menggerakkan motor servo sesuai kondisi input yang diberikan. Ketika kondisi tangan fleksor (membengkok) dan berkontraksi, maka lengan robot mengikuti gerakan mengangkat. Sedangkan ketika kondisi tangan ekstensor (meluruskan), maka lengan robot juga bergerak lurus sesuai keadaan tangan. Dengan sistem yang telah dijelaskan diatas, alat ini dapat bekerja sesuai masukan yang diberikan dan dapat memberikan keluaran berupa gerakan lengan robot yang sesuai dengan tangan pengguna. Ditunjukkan dengan nilai penguatan rata-rata yang dihasilkan oleh modul EMG sebesar 825 kali dan nilai keberhasilan alat ini sebesar 83,33 % (ketika kondisi tangan fleksor) dan 76,67 % (ketika kondisi tangan ekstensor).

Article Details

How to Cite
SURACHMAN, Ardhan Dwi Meirika; RAMDHANI, Mohammad; NUGRAHA, Ramdhan. Desain Dan Implementasi Lengan Robot Berbasis Electromyogram Untuk Orang Berkebutuhan Khusus. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, [S.l.], v. 2, p. E16 - E23, nov. 2017. ISSN 2580-6408. Available at: <http://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/769>. Date accessed: 15 dec. 2017.
Section
Teknik Elektro

References

[1] S. Raden, Hustinawati, N. Rigathi Widya, K. Ary Bima, P. Yogi, and S. Abdurachman, “Robotika”, Jakarta: Universitas Gunadarma, 2010.

[2] “Data Kementrian Sosial 2009”, 2009. [Online]. Available: http://www.kemsos.go.id. [Accessed 5 Februari 2017].

[3] R. Ahmad, Instrumentasi Biomedis, Yogyakarta, Graha Ilmu, 2014.

[4] S. Mrinal Jyoti and P. Richa, “Data Acquisition and Monitoring of EMG (Electromyogram) Signals”, ELK Asia Pasific Journals – Special Issue, ISBN: 978-81-930411-4-7.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.