Audit Sistem Informasi Pada Aplikasi Accurate Menggunakan Model COBIT FRAMEWORK 4.1 (Studi Kasus: PT. Setia Jaya Teknologi)

Main Article Content

Iskandar Budiman Sukmajaya Johanes Fernandes Andry

Abstract

PT. Setia Jaya Teknologi merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang distribusi. Dalam aktivitas pembukuan mereka menggunakan aplikasi Accurate untuk proses Accounting. Dalam penggunaanya untuk mempermudah proses pencatatan pembukuan perusahaan dan juga untuk menghindari kehilangan data. Tujuan dari dilakukannya audit pada perusahaan ini adalah mengidentifikasi tingkat efektivitas dan efisiensi dari aplikasi yang digunakan pada perusahaan, dan meneliti apakah implementasi aplikasi sudah memenuhi visi misi perusahaan ini atau belum. Manfaat dari audit ini adalah menjadi pedoman bagi perusahaan untuk mengevaluasi sistem kinerja dari aplikasi. Perusahaan ini di audit berdasarkan framework COBIT. COBIT merupakan sebuah kerangka best practice bagi pengelolaan teknologi informasi yang sudah digunakan oleh berbagai auditor. Standar COBIT 4.1 dapat membantu auditor, user dan manajemen untuk menjembatani gap antara risiko bisnis, kebutuhan control dan masalah-masalah teknis TI. Untuk mengukur aspek dukungan TI terhadap kegiantan operasional bisnis fokus domain audit perusahaan ini berpusat pada Delivery and Support (DS). Hasil dari audit yang dilakukan adalah analisa kinerja aplikasi apakah sudah sesuai dengan tujuan bisnis dari perusahaan dan memberikan rekomendasi untuk perusahaan.

Article Details

How to Cite
SUKMAJAYA, Iskandar Budiman; ANDRY, Johanes Fernandes. Audit Sistem Informasi Pada Aplikasi Accurate Menggunakan Model COBIT FRAMEWORK 4.1 (Studi Kasus: PT. Setia Jaya Teknologi). Prosiding Seminar Nasional Teknoka, [S.l.], v. 2, p. I42 - I51, nov. 2017. ISSN 2580-6408. Available at: <http://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/750>. Date accessed: 15 dec. 2017.
Section
Teknik Informatika

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.