Pengembangan Mobile Learning Aplikasi Castle Math Berbasis Sistem Operasi Android Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Tingkat SMP/MTs

Main Article Content

Barqilatief Mujasir Ishaq Nuriadin Benny Hendriana

Abstract

Penelitian pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan produk berupa aplikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana cara mengembangkan aplikasi mobile berbasis sistem operasi android pada materi bangun ruang sisi datar tingkat SMP/MTs dan mengetahui kelayakan dari media pembelajaran tersebut. Aplikasi dapat di operasikan pada perangkat yang menggunakan sistem operasi android. Aplikasi berupa mobile learning bangun ruang sisi datar untuk tingkat SMP/MTs. Aplikasi dibuat peneliti dengan menggunakan software android studio. Aplikasi selanjutnya di ujicoba kelayakannya. Metode penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D). Berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi dan ahli media. Rata-rata akhir penilaian dari ahli materi adalah 93,34% untuk kategori sangat baik dan pernyataan validasi yang diberikan ahli materi bahwa aplikasi layak digunakan. Rata-rata akhir penilaian dari ahli media adalah 70,59% untuk kategori baik dan pernyataan validasi yang diberikan ahli materi bahwa aplikasi layak digunakan dengan perbaikan. Adapun hasil penilaian dari pengguna telepon seluler berbasis sistem operasi android sebesar 86,60% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil bahwa aplikasi layak digunakan dengan perbaikan.

Article Details

How to Cite
MUJASIR, Barqilatief; NURIADIN, Ishaq; HENDRIANA, Benny. Pengembangan Mobile Learning Aplikasi Castle Math Berbasis Sistem Operasi Android Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Tingkat SMP/MTs. Prosiding Seminar Nasional Teknoka, [S.l.], v. 2, p. I35 - I41, nov. 2017. ISSN 2580-6408. Available at: <http://journal.uhamka.ac.id/index.php/teknoka/article/view/749>. Date accessed: 15 dec. 2017.
Section
Teknik Informatika

References

[1] Daryanto. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media. (2016).

[2] Daryanto. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit Gava Media. (2016).

[3] Majid, Abdul. Mobile Learning. Bandung: Universitas Pendidikan Bandung. (2012).

[4] H, Muh Tamimuddin. 2014. Pengenalan Media Pembelajaran Berbasis Mobile (Mobile Learning). Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

[5] Globalstats, StatCounter. “Mobile Operating System Market Share in Indonesia”. Diakses 05 Agustus 2017. http://gs.statcounter.com/os-market-share/mobile/indonesia.

[6] Irsyad, Hanif. Aplikasi Android dalam 5 Menit Edisi Revisi. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. (2016).

[7] Android, Developers. “Platform Versions”. Diakses 05 Agustus 2017. https://developer.android.com/about/dashboards/index.html#Platform

[8] Satyaputra, Alfa & Aritonang, Eva Maulina. Let’s Build Your Android Apps with Android Studio. Jakarta: PT Elex Media Komputindo. (2016).

[9] Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta. (2014).

[10] Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada. (2017).

[11] Arikonto, Suharsimi. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: PT Bumi Aksara. (2013).

[12] Sari, Dwi Ivayana. Evaluasi Pembelajaran. Bangkalan: STKIP PGRI. (2015).

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.