PELATIHAN Pelatihan Pembelajaran Matematika yang Efektif melalui Metode Hypnoteaching

-

  • Ayu Faradillah University of Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka
  • Windia Hadi
  • Asih Miatun
  • Hikmatul Khusna

Abstract

Proses pembelajaran  matematika di kelas merupakan salah satu  penentu keberhasilan peserta didik. Guru dituntut untuk memberikan inovasi baru dalam proses belajar mengajar, misalnya dalam memilih model, metode atau strategi pembelajaran yang tepat digunakan. Salah satu metode pembelajaran yang bisa digunakan adalah hypnoteaching. Hypnoteaching berasal dari dua kata hypno dan teaching. Hypnoteaching merupakan metode pembelajaran yang kreatif , unik dan imajinatif. Sebeum pelaksanaan pembelajaran peserta didik sudah dikondidikan untuk belajar. Dengan demikian, peeserta didik mengikuti proses belajar dalam kondidi segar dan siap untuk menerima materi pelajaran. Untuk mempersiapkan hal-hal tersebut, tentu guru itu sendiri dituntut untuk stabil baik secara psikis maupun psikologis. Pelatihan metode hypnoteaching ini bertujuan agar guru lebih mengenal apa itu hypnoteaching sehingga guru dapat menerapkannya dalam pembelajaran matematika di kelas. Dari hasil pelaksanaan secara umum pelatihan pembelajaran matematika yang efektif melalui metode Hypnoteaching empat tahap: 1) Matematika itu mudah, 2) Matematika dengan Benda Konkrit Sederhana, 3) Matematika Itu Menyenangkan, 4) Operasi Hitung Matematika, 5) Menjadi Guru Inspiratif Berbasis Hipnosis.

Author Biography

Ayu Faradillah, University of Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka
Pendidikan Matematika, Statistika, Kalkulus
Published
2018-01-30
How to Cite
FARADILLAH, Ayu et al. PELATIHAN Pelatihan Pembelajaran Matematika yang Efektif melalui Metode Hypnoteaching. Jurnal SOLMA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 58-64, jan. 2018. ISSN 2614-1531. Available at: <http://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/662>. Date accessed: 20 feb. 2018.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.