Pendampingan Orang Tua Membimbing Matematika Anak di Jatiluhur, Jatiasih, Kota Bekasi

-

  • Sigid Edy Purwanto University of Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka
  • Meyta Dwi Kurniasih

Abstract

Kampung Pedurenan sebagai kampong metropolis dengan wilayah geografis dekat perbatasan dengan Ibukota Jakarta. Kampung Pedurenan dituntut untuk serius menata sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas dengan pendidikan sebagai prioritas utama. Pengembangan pendidikan pembelajaran vital terhadap peningkatan SDM adalah pembelajaran Matematika. Pentingnya matematika sebagai alat bantu sebagai pembimbing pola maupun sebagai pembentuk sikap. Oleh karena itu, pendidikan matematika mempunyai peran yang strategis dalam menyiapkan sumber daya manusia untuk menghadapi era industrialisasi dan globalisasi. Permasalahan yang dihadapi di Kampung Pedurenan berupa orang tua mempunyai keterabtasan kemampuan dalam membimbing belajar matematika anak, anak mengalami kesulitan dalam memeahami pelajaran matematika, orang tua tidak percaya diri membimbing belajar matematika anak, belum banyak yang paham bahwa pendidikan yang baik berawal dari rumah, dan kesadaran yang kurang bagi masyarakat akan pentingnya memperoleh pendidikan yang berkualitas. Dari permasalahan prioritas mitra maka metode pelaksanaan yang diberikan berupa melatih orang tua dalam merencanakan  dan melaksanakan pendampingan belajar matematika anak, membantu keterbatasan siswa secara tidak langsung  melalui orang tua  masing-masing dalam mempelajari  matematika, dengan metode memperkaya wawasa orang tua  tentang pembelajaran matematika yang menarik untuk anak,  membangun  keakraban dan kesadaran orang tua  akan pentingnya pendidikan anak terutama matematika, memotivasi orang tua siswa untuk memberikan  kesempatan  dan memberikan kesempatan  dan dukungan  bagi putra-putri untuk melanjutkan studi ke jenjang lebih tinggi. Hasil PKM Pendampingan didapatkan orang tua memperoleh keterampilan dan pengetahuan tentang matematika dan bagaimana mengajarkan matematika, orang tua mendapat kesempatan untuk bertukar pengalaman, wawasan dan informasi dengan dosen dalam rangka  meningkatkan mutu pendidikan anak dan bagaimana meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis anak, tumbuh kesadaran bermatematika di kalangan orang tua sehingga orang tua tidak perlu terlalu banyak bergantung kepada guru bimbel untuk membantu belajar matematika.

Author Biography

Sigid Edy Purwanto, University of Muhammadiyah Prof.Dr.Hamka
Pendidikan Matematika, Statistika, Kalkulus, Geometri, ilmu Matematika
Published
2018-01-30
How to Cite
PURWANTO, Sigid Edy; KURNIASIH, Meyta Dwi. Pendampingan Orang Tua Membimbing Matematika Anak di Jatiluhur, Jatiasih, Kota Bekasi. Jurnal SOLMA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 121-127, jan. 2018. ISSN 2614-1531. Available at: <http://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/659>. Date accessed: 20 feb. 2018.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.