Pelatihan Ketrampilan Membatik Bagi para Guru Sekolah Dasar di Gugus Sisingamangaraja Kramat Jati Jakarta Timur

-

  • Novanita Whindi Arini University of Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • Kusmajid Abdullah

Abstract

Perlombaan membatik untuk tingkat SD dilaksanakan setiap tahun di wilayah DKI Jakarta. Namun pemahaman tentang batik pada guru SD masih kurang. Hal ini terjadi karena keterbatasan anggaran untuk mengikuti pelatihan membatik dan waktu yang terbatas untuk belajar membatik di galeri menjadi permasalahan. Kegiatan meliputi pengetahuan dan pengenalan tentang batik, pelatihan membuat pola, mencanting, dan mewarnai dengan teknik pencelupan. Para peserta sangat antusias mengikuti pelatihan selama dua hari tersebut. Mereka mengharapkan adanya pelatihan serupa bagi mereka yang dapat menunjang kinerja mereka sebagai guru yang harus memberikan ketrampilan tambahan kepada para siswanya. tidak memiliki ketrampilan yang memadai untuk melakukan bimbingan pada siswa yang akan mengikuti lomba membatik,

Author Biography

Novanita Whindi Arini, University of Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Dasar,
Published
2018-01-30
How to Cite
ARINI, Novanita Whindi; ABDULLAH, Kusmajid. Pelatihan Ketrampilan Membatik Bagi para Guru Sekolah Dasar di Gugus Sisingamangaraja Kramat Jati Jakarta Timur. Jurnal SOLMA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 8-18, jan. 2018. ISSN 2614-1531. Available at: <http://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/655>. Date accessed: 20 feb. 2018.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.