Pelatihan Penggunaan Bahasa Kelas (Classroom Language) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Guru SMK Jakarta Pusat 1 Jakarta

-

  • Martriwati Martriwati University of Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
  • RR Sri Setyani
  • Heni Novita Sari
  • Nita Kaniadewi

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatan wawasan dan keterampilan bahasa Inggris guru-guru SMK Jakarta Pusat 1 khususnya dalam penggunaan bahasa kelas atau Classroom Language. Target luaran yang ingin dicapai dari pelatihan ini adalah supaya kemampuan guru dalam menggunakan classroom language bisa meningkat baik secara kuantitas maupun kualitas dalam rangka menghadapi rencana jangka panjang sekolah untuk mendirikan kelas dwi bahasa dapat terlaksana sesegera mungkin. Pelatihan ini dilakukan di Sekolah Menengah Kejuruan Jakarta Pusat 1 yang berlokasi di Jl. Abdul Muis Jakarta Pusat dan dilakukan selama 4 hari dimulai dari tanggal 26 Desember hingga 29 Desember 2016. Materi pelatihan berisikan konsep Classroom Language, jenis-jenis Classroom Language dan bagaimana mengucapkan Classroom Language tersebut dengan benar. Semua materi pelatihan disampaikan secara interaktif dimana peserta pelatihan terlibat aktif dalam setiap kegiatan hingga praktek role play penggunaan Classroom Language diĀ  depan peserta lain dalam kelompok. Hasil dari kegiatan pelatihan melalui post test yang diberikan baik secara tulisan maupun praktek menunjukkan ada peningkatan yang signifikan di beberapa kompenen Classroom Language yaitu di kegiatan opening(Greeting) dan Penutup. Pada kegiatan inti, peningkatan yang terjadi tidak begitu signifikan terjadi karena peserta pelatihan fokus pada penyampaian materi dalam bahasa Indonesia sehingga seringkali lupa mengucapkan Classroom Language seperti memberikan perintah (command), permintaan (request) atau menegur siswa ketika situasi itu memungkinkan.

Author Biography

Martriwati Martriwati, University of Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Pendidikan Bahasa Inggris, Kewirausahaan, Sastra Inggris
Published
2018-01-30
How to Cite
MARTRIWATI, Martriwati et al. Pelatihan Penggunaan Bahasa Kelas (Classroom Language) Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Guru SMK Jakarta Pusat 1 Jakarta. Jurnal SOLMA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 1-7, jan. 2018. ISSN 2614-1531. Available at: <http://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/645>. Date accessed: 20 feb. 2018.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.