Penguatan Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Sequens dan Connected Berdasarkan Kurikulum 2013

  • Lelly Qodariah University of Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
  • Hendra Saputra
  • Desvian Bandarsyah

Abstract

Mengajarkan IPS yang menarik merupakan hal penting yang perlu dilakukan oleh guru, karena dengan pembelajaran IPS siswa diajarkan dan dilatih untuk memiliki kemampuan menyelesaikan persoalan persoalan sosial yang dihadapinya dan dapat menjadikan siswanya sebagai warganegara yang baik. Namun dalan realitasnya pada pembelajaran di ruang kelas, sering ditemukan kesenjangan antara teori dan realitas dimasyarakat. Mencermati hal tersebut maka dibutuhkan pelatihan kepada guru IPS agar guru-guru pada kelompok mitra memiliki kemampuan konprehensif, yakni memiliki penguasaan konsep IPS yang kuat dan mempu mengimplementasikannya dalam pengajaran dengan model yang menarik yakni model sequens dan connected. Tujuan tulisan ini merupakan upaya melakukan pemberdayaan kepada guru-IPS agar memiliki kemampuan membedah kurikulum 13 pada materi pembelajaran IPS, dan disesuaikan dengan metode sequen dan conected sehinga proses pembelajaran di ruang kelas t sinkronisasi antara teori dan realitas yang dihadapi siswa sehari-hari. Metode pelatihan yang digunakan, pertama melalui penyuatan pengetahuan tentang model sequens dan connected, FGD kurikulum K 13 dan pembelajaran IPS, workshop pembuatan rancangan pembelajaran dengan model sequens dan connected. Hasil kegiatan menunjukan peningkatan pengetahuan pelaksanaan kurikulum K13 dengan model Sequences dan connected, dan meningkatnya keterampilan membuat perangkat pembelajaran IPS dengan model sequens dan connected.
Published
2018-01-30
How to Cite
QODARIAH, Lelly; SAPUTRA, Hendra; BANDARSYAH, Desvian. Penguatan Pembelajaran IPS Melalui Pendekatan Sequens dan Connected Berdasarkan Kurikulum 2013. Jurnal SOLMA, [S.l.], v. 1, n. 1, p. 128-140, jan. 2018. ISSN 2614-1531. Available at: <http://journal.uhamka.ac.id/index.php/solma/article/view/1052>. Date accessed: 19 feb. 2018.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.