METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN TEKNIK PENILAIAN RUBRIK: PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS BAHASA INGGRIS SETELAH MENGONTROL PENGETAHUAN AWAL SISWA

  • Etti Sutrianti

Abstract

Penelitian mengkaji pengaruh pembelajaran kooperatif dan teknik penilaian rubrik terhadap hasil belajar menulis Bahasa Inggris setelah mengontrol kemampuan awal siswa. Penelitian dilakukan padaempat SMA Negeri di Kabupaten Agam Timur, Sumatera Barat, tahun ajaran 2013/2014. Penelitian eksperimen ini menggunakan desain faktorial 2 x 2, dengan sampel 80 orang siswa yang diambil melaluiteknik multistage random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan analisis kovarian (Ankova). Hasil penelitian menunjukkan: 1) Kombinasi metode pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dengan penilaian rubrik analitik meningkatkan hasil belajar menulis Bahasa Inggris siswa lebih tinggi daripada kombinasi pembelajaran kooperatif tipe Student’ Time Achievement Division (STAD) yang dipadukan dengan teknik penilaian rubrik holistik, 2) Terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran kooperatif dengan teknik penilaian rubrik terhadap hasil belajar menulis Bahasa Inggris, 3) Pengaplikasian konfigurasi metode pembelajaran TPS dengan teknik penilaian rubrik analitik memberikan hasil belajarmenulis yang positif. Metode Pembelajaran TPS yang dipadukan dengan teknik penilaian rubrik analitik memberikan pengaruh lebih pada peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan simpulan tersebut, lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) di Sumatera Barat, selayaknya menyediakan program tertentu bagi guru atau calon guru sehingga mereka memiliki pengetahuan, kemampuan dan keterampilan dalam pengajaran, dapat menggunakan metode pembelajaran dan penilaian yang bervariasi.
Published
2015-05-01
How to Cite
SUTRIANTI, Etti. METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN TEKNIK PENILAIAN RUBRIK: PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR MENULIS BAHASA INGGRIS SETELAH MENGONTROL PENGETAHUAN AWAL SISWA. Jurnal Penelitian dan Penilaian Pendidikan, [S.l.], v. 1, n. 1, may 2015. ISSN 2579-7654. Available at: <http://journal.uhamka.ac.id/index.php/jppp/article/view/21>. Date accessed: 23 jan. 2018.