ANALISIS MODEL PROMOSI BANK MUAMALAT INDONESIA TERHADAP MARKET SHARE KOTA BANDAR LAMPUNG

  • Rusliani Rusliani Universitas Muhammadiyah Lampung

Abstract

Shariah Bank have the potency to become the first option for customers to run their transactional banking option. It was showed by the acceleration development and growth of Shariah Banking in Indonesia. Along with the growth of Shariah Banking, a real competition among the Syariah Bank doers is unavoidable. Therefore a bank has to do efforts to be the main player on its segment, and able to provide major resources for its customers and eventually it binds satisfaction and loyalty. In such thigh competition, information plays an important role to attract customers or society to make use of the provided by the bank. The information of any form delivered by every stakeholder related to banking business. Therefore the market share can be gained by promoting Syariah Banks to those floating customer though an attractive and appropriate way. By doing such promotion with persistent and sustain, the possibility of the 5 % of market share which targeted by BI could be reached.

References

Adiwarman Karim, Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan, Jakarta : PT Raja Grapindo, 2007

Bagian ini di sarikan dari berbagai sumber, terutama, dari website resmi Bank Syariah Mandiri

Bagian ini disarikan dari website resmi Bank Syariah Mandiri, category Sejarah Syariah Mandiri/Profile perusahaan/sejarah perusahaan

Bagian ini di sarikan dari website resmi Bank Muamalat Indonesia,brief of history company/brief history of Bank Muamalat Indonesia

Bagian ini disarikan dari pamflet, brosur, terutama, dari website resmi Bank Muamalat Indonesia www.muamalat.com

Bank Indonesia: Outlook Perbankan Syariah 2013, Pertumbuhan Volume dan Struktur Usaha Perbankan Syariah

Basu Swasta dan Ibnu Sukotjo W, Pengantar Bisnis Modern, Jakarta:Liberty, 1993

Berita Industri Syariah-inilah.com-selasa, 25 September 2012/17:58 WIB jakarta-Bank Indonesia (BI) mencatat perbankan syariah per Agustus 2012 sebesar Rp. 161,5 triliun, http//ww.muamalat.com/home/news/industri-syariah/2170

Diakses dari website resmi. http:/muamalat.com/home/about/Profile on 21 march at 04:05

Hasil observasi, Kegiatan promosi, pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Lampung, pada tanggal 22 Januari 2017

Hasil wawancara , Media Promosi BMI Cabang Lampung, disampaikan Suwastiana sari pada wawancara dengan Head Funding via telepon BMI Cabang Bandar Lampung, tanggal 22 Januari 2017

Hasil wawancara tentang, Perkembangan dan Media Promosi Bank Muamalat Indonesia, disampaikan Suwastiana sari pada wawancara dengan Head Funding via telepon BMI Cabang Bandar Lampung, tanggal 22 Januari 2017

Hasil wawancara tentang, Perkembangan dan Media Promosi Bank Muamalat Indonesia, disampaikan Suwastiana sari pada wawancara dengan Head Funding via telepon BMI Cabang Bandar Lampung, tanggal 22 Januari 2017

Lombok Siringooringo : Hasil Penelitian 2006, Analisis Pengaruh promosi Bank terhadap penghimpunan Tabungan dan Deposito (Studi kasus 10 Bank terbaik berdasarkan asset tahun 2006), ; menunjukan bahwa pengaruh promosi terhadap penghimpunan tabungan dan penghimpunan deposito bersifat positif dalamjangka panjang untuk semua katagori Bank. Berdasarkan tersebut dapat disimpulkan bahwa promosi yang dilakukan perbankan obyektif dalam penghimpuanan dana masyarakat
Ruslaini, Penelitian 2013, Tesis, Analisis promosi Perbankan Syariah (studi kasus bank Mandiri syariah dan Bank Muamalat Indonesia ) kota Bandar Lampung, h. 5; jika di analisis promosi yang selama ini dilakukan hanya bersifat momentum saja.
Muhammad Al-Ghifari dkk, Jurnal Ekonomi dan Perbankan syariah 2015; Analisis kinerja Perbankan syariah di Indonesia dan Malaysia dengan Pendekatan Maqhasid Indeks

Mohammad Nur Rianto Al-arif, Dasar-Dasar Pemasaran Bank Syariah, Bandung: Alfabeta 2012

Muhammad, Audit dan Pengawasan Bank Syariah Pada Bank Syariah, Yogyakarta :UII Press, 2011

Panji Masyarakat, Nomor 650

Sasaran pengembangan 10 tahun kedepan Bank Syariah yang mampu memberikan manfaaat optimal bagi masyarakat luas melalui: Melayani seluruh segmen pasar, aktif mendukung sektor riil terutama UKM , 5% market share dari total banking system , 40% pembiayaan berupa financing of P&L financing, Bank Indonesia: Cetak biru pengembangan perbankan syariah di Indonesia, Jakarta: Direktorat Pengembangan Bank Syariah, 2004

Tarjih Muhammadiyah, 1971

Tiga karakteristik Bank Syariah; prinsip keadilan, prinsip kesederajatan, prinsip ketentraman yaitu produk-produk Bank Syariah yang telah sesuai dengan prinsip dan kaidah Muamalah Islam, antara lain tidaknya adanya unsur riba serta penerapan zakat harta, sehingga dengan denikian nasabah akan merasakan ketentraman lahir dan batin, di sarikan dari berbgai media, terutama, dari wbsite resmi Bank Syariah Mandiri

Ujang Sumarwan, dkk, Pemasaran Strategik (Perspektif Value – Based Marketing
& Pengukuran Kinerja), http://kaswid36.blogspot.com/2011/04/pangsa-pasar .html -Rabu, 13 April 2011

Undang-undang No. 10 Tahun 1998 Tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor.7 Tahun 1992 Tentang Perbankan

No.21 Tahun 2008, Tentang Fungsi Bank Umum Syariah dan Unit Usaha Syariah
Published
2017-05-22
How to Cite
RUSLIANI, Rusliani. ANALISIS MODEL PROMOSI BANK MUAMALAT INDONESIA TERHADAP MARKET SHARE KOTA BANDAR LAMPUNG. Jurnal Ekonomi Islam, [S.l.], v. 8, n. 1, p. 87-104, may 2017. ISSN 2527-2081. Available at: <http://journal.uhamka.ac.id/index.php/jei/article/view/323>. Date accessed: 17 nov. 2017.
Section
Articles

Keywords

Promotion, Shariah Bank, Market Share